Rabu, 11 Januari 2017

KERONCONG TUGU

Kisahnya berawal saat jatuhnya Malaka dari kekuasaan Portugis ke tangan Belanda pada tahun 1648. Orang-orang Portugal yang umumnya tentara keturunan berkulit hitam dari Bengali, Malabar, dan Goa ditawan dan kemudian dibawa ke Batavia. Sekitar tahun 1661 mereka dibebaskan, kemudian dimukimkan di rawa-rawa sekitar Cilincing, yang sekarang disebut Kampung Tugu. Komunitas yang mempertahankan bahasa dan kebudayaan Portugis ini awalnya menjadi sedemikian ekslusif. Bahkan menempati jabatan-jabatan rendah di pemerintahan yang waktu itu tentu tertutup untuk pribumi.

Pihak Belanda memaksakan agama serta nama-nama keluarga yang baru kepada mereka. Namun Musik Portugis dan kesadaran akan darah Portugis tetap hidup. Dari sinilah dendang Keroncong Tugu ditabuh. Selama abad ke-18 dan 19, komunitas Tugu mempunyai pengaruh kultural yang relatif kuat di Jakarta. Merekalah yang mempopulerkan “Kroncong Mourisko” (Mourisco dalam bahasa Portugis berarti “berasal dari orang Moro”) yang ritme dasarnya dijadikan latar belakang sebagian musik modern Indonesia. Seperti halnya Keroncong lama “Nina Bobo” yang sejak dahulu dinyanyikan oleh banyak orang. “Nina” berasal dari bahasa Portugis “Menina” yang berarti anak gadis kecil.Pada masa kemerdekaan, komunitas ini terpecah dan sebagian menyebar ke beberapa daerah. Hal ini disebabkan karena kedekatan mereka dengan pihak Belanda yang tentunya pada waktu itu sangat dibenci. Satu kelompok (26 keluarga) berangkat ke Belanda dan kelompok lain (19 keluarga) pindah ke Bandung dan Irian Jaya.Samuel Quiko, 60 tahun, adalah salah satu bagian keluarga besar fam Quiko yang masih tinggal di Kampung Tugu dan memimpin Musik Keroncong Cafrinho Tugu. Sebagai generasi ke-7 Keroncong Tugu usahanya tak kenal lelah untuk terus menghidupkan kesenian ini.Tiga hal yang bertahan dalam tradisi Keroncong Tugu, yaitu alat musik, lagu-lagu (repertoar), dan kostum pemainnya. Alat musiknya masih tetap seperti tiga abad yang lalu, yakni Keroncong, Biola, Ukulele dengan lima senar, Banyo, Gitar, Rebana Kempul, dan Cello. Lagu-lagu yang tidak pernah ditinggalkan adalah lagu-lagu lama seperti: Kaparinyo, Moresco, dan lagu-lagu Stambul Betawi. Sedangkan kostumnya memakai baju koko, topi baret dan syal yang menggantung di leher.Meskipun tidak setenar diawal abad kemunculannya, Keroncong Tugu kini tetap eksis dan masih dapat dinikmati. Bersama dengan 8 orang anggotanya, Samuel sesekali ditanggap di berbagai tempat di luar kampungnya. Saat ini di dalam komunitas Keroncong Tugu tidaklah selalu berisi keluarga saja, beberapa adalah kerabat jauh yang bahkan tanpa ikatan darah. Mereka ini sama sekali tidak menggantungkan nafkahnya dari pentas Keroncong, tetapi mencari nafkah utama dengan berbagai pekerjaan. Undangan pentas Keroncong hanya sebagai selingan. Di luar undangan pentas, kelompok ini melakukan latihan setiap hari selasa malam. Bagi masyarakat kampung Tugu sendiri, Keroncong sudah menjadi bagian dari hidup mereka. Orang-orang yang melewati kampung Tugu bisa saja singgah untuk menumpang nyanyi atau menari ketika kelompok Keroncong ini sedang bermusik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar